PT. ULI Gandeng Pemprov Jatim Gelar Uji Kompetensi Sertifikasi di Bidang Konstruksi

SURABAYA, Harnasnews – PT. Utama Lestari Indonesia (ULI) bekerjasama dengan bekerjasama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi Konstruksi Indonesia (LSP ATAKI) menggelar uji kompetensi. Hal tersebut guna mewujudkan Sumber Daya Manusia (SDM) Indonesia yang memiliki kemampuan dan keahlian handal,  profesional, serta mampu berdaya saing pada sektor konstruksi.

Direktur utama PT. ULI, Abdul Rasyid mengatakan, melaksanakan Uji Kompetensi Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi (SKK-K) berkerjasama dengan Dinas PU Sumber Daya Air dan Dinas PU Bina Marga Pemerintah Provinsi Jawa Timur.

Rasyid mengatakan, pelaksanaan uji kompetensi ini berdasarkan UU No. 11 Tahun 2020 Tentang Cipta Kerja. Kemudian PP No. 5 Tahun 2021, Tentang Penyelenggaraan Perizinan Berbasis Resiko. Selain itu, PP No. 14 Tahun 2021, Tentang Perubahan atas peraturan no. 22 Tahun 2020, Tentang Peraturan Pelaksanaan UU No. 2 Tahun 2017 Tentang Jasa konstruksi. Selanjutnya, Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2023 Tentang ASN.

“Sertifikat Kompetensi Kerja bagi Pegawai (PNS) adalah bukti tertulis dan autentik atas kompetensi dan kemampuan bagi seseorang yang sudah menguasai bidang tertentu dengan layak dan baik sesuai standar persyaratan kompetensi,” ujar Rasyid dalam keterangan tertulisnya, Kamis (30/11/2023).

Lebih lanjut kata Rasyid, uji kompetensi ini dilakukan di antaranya dalam rangka penilaian standar operational procedure yang telah ditetapkan berdasarkan latar belakang disiplin pendidikan, keilmuan, kefungsian, dan keahlian di bidang pekerjaan pekerjaan sektor dunia konstruksi sesuai dengan regulasi yang diakui oleh publik maupun pemerintah baik dalam negeri maupun internasional.

Dalam kaitan ini, Dinas PU Sumber Daya Air dan Dinas PU Bina Marga Pemerintah Provinsi Jawa Timur sebagai mitra strategis PT. ULI bersama LSP ATAKI Konstruksi Indonesia dibawah naungan atau lisensi Badan Nasional Sertifikasi Profesi (BNSP) menggelar pelaksanaan  Up-Grading SDM Pegawai (PNS) berdasarkan jenjang dan jabatan kerja  dilingkungan Dinas Pemerintah Provinsi Jawa Timur meliputi :

1. Ujikom SKK-K Jenjang 7 Pegawai Dinas PU Sumber Daya Air Provinsi Jawa Timur, Jabatan Kerja: Ahli Muda Teknik Sumber Daya Air.
Dilaksanakan pada hari Senin, 27 November 2023, di Ruang Rapat Kemuning Lt. 3 Gedung PU SDA Pemprov. Jatim.

2. Ujikom SKK-K Jenjang 6 Pegawai Dinas PU Bina Marga Provinsi Jawa Timur :

a. Jabatan Kerja : Pelaksana Pemeliharaan Jalan
Dilaksanakan pada hari Rabu, 29  November 2023, di Gedung Sapta Taruna PU Bina Marga  Pemprov. Jatim.

b. Jabatan Kerja : Pelaksana Pemeliharaan Jembatan
Dilaksanakan pada hari Kamis, 30 November 2023, di Gedung Sapta Taruna PU Bina Marga  Pemprov. Jatim.

Pada acara seremonial pembukaan Peserta Ujikom SKK-K Pegawai (PNS) tersebut dihadiri oleh Abdul Rasyid selaku Dirut PT Utama Lestari Indonesia beserta jajaran, Apriyan Susanto Ketua LSP ATAKI beserta jajaran, dibuka secara resmi oleh Fauzy Nasruddin, S.T., M.Sc. Sekretaris Dinas PU SDA Jatim bersama Pegawai Dinas PU SDA Jatim.

Sedangkan acara bersama PU Bina Marga JATIM dibuka secara resmi oleh Arif Endro Utomo, S.T., M.T selaku Sekretaris Dinas PU Bina Marga Jatim termasuk Peserta Ujikom dan Pegawai Dinas PU Bina Marga Jatim.

Lebih lanjut Rasyid mengatakan, bahwa ujikom Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi merupakan suatu pengakuan terhadap pegawai atau karyawan yang memiliki keterampilan, keahlian dan pengetahuan di bidang Konstruksi Selain itu juga sebagai bukti mengenai sikap dan etos kerja sudah sesuai dengan standar kompetensi kerja yang telah dipersyaratkan.

“Dengan  Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi dapat membuka peluang atau kesempatan karir yang lebih luas, bukan  hanya dalam skala di dalam negeri, namun juga dapat dipergunakan skala luar negeri. Sertifikasi Kompetensi Kerja Konstruksi dapat menjadi jaminan karir pekerjaan di masa depan akan menjadi semakin lebih baik, hal ini dapat dilihat dari cara kerja yang dilakukan dari hari ke hari yang semakin baik dan juga semakin profesional karena keahlian dan keterampilan yang dimiliki,” katanya.

Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi ini, bagi pegawai atau karyawan akan lebih memahami standar melakukan pekerjaan yang baik sesuai dengan bidangnya. Sertifikat Kompetensi Kerja Konstruksi bagi instansi, dinas, dan perusahaan akan memiliki sumber daya manusia yang kompeten dan kompetensinya bisa dibuktikan, secara otomatis tingkat produktivitas di instansi, kedinasan, dan perusahaan  tersebut akan mengalami kenaikan.

“Karena sumber daya manusianya telah mendapatkan pelatihan dan sertifikasi keahlian yang mumpuni, dapat dipastikan pekerjaan yang dilakukan akan selesai dengan baik dan secara profesional,” pungkas Rasyid. (Sy)

Leave A Reply

Your email address will not be published.