Puluhan Makam di TPU Jatisari Terendam Banjir

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Tempat Pemakaman Umum (TPU) Jatisari kecamatan Jatiasih, Kota Bekasi terendam air pada Sabtu (18/03/23) sekitar pukul 05:0 wib.

Genangan air yang hampir merendam seluruh pemakaman itu diakibatkan imbas dari meningkatnya volume air di Kali Cikeas akibat hujan deras di wilayah kabupaten Bogor dan meluap, sehingga wilayah yang berada di aliran kali itu terkena dampaknya.

“Air naik jam 5 subuh lah. Kena banjir kiriman karena kan memang pemakaman ini di samping Kali Cikeas,” kata seorang petugas parkir bernama Saat di lokasi.

Ia mengatakan pihak pengelola pemakaman tak bisa berbuat banyak untuk mengatasi genangan tersebut. Alhasil, mereka hanya bisa menunggu hingga air perlahan surut pada pukul 08.00 WIB.

“Ya jadinya nungguin aja surut. Mulai turun airnya jam 8 pagi,” ungkapnya.

Sementara itu, Koordinator Satgas BPBD Kota Bekasi, Karsono mengatakan pihaknya telah melakukan pengecekan ke lokasi pemakanan guna melihat perkembangan penurunan ketinggian banjir.

Ia menjelaskan kenaikan debit air di Kali Cikeas terpantau sejak dini hari tadi akibat hujan deras yang mengguyur Kabupaten Bogor.

“Kami sudah melakukan pengecekan ke sana. Memang di Kabupaten Bogor semalam hujan deras. Ketinggian air di pos pantau P2C sekitar 390 cm, sudah siaga tiga semalam sehingga Kali Cikeas meluap,” ucap Karsono.

Sebanyak ribuan makam tergenang banjir setinggi 30-40 centimeter. Saat mendapatkan laporan pada pukul 08.00 WIB, ternyata air yang menggenangi makam telah berangsur surut.

Karsono menambahkan pihaknya memerlukan koordinasi apabila nantinya kejadian serupa terulang kembali. Hal dikarenakan urusan mengenai pemakaman merupakan kewenangan Dinas Perkimtan Kota Bekasi.

“Kalau kuburan kan memang salah satu fasilitas umum. Untuk antisipasinya, nanti kami harus koordinasi dengan SKPD terkait, dalam hal ini disperkimtan dan mungkin SDA. Sifatnya kami siap untuk membantu,” tuturnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.