Raih Gelar Doktor, Kepala Bappeda Komitmen Dedikasikan Ilmunya Untuk Membangun Sumenep

SUMENEP, HarnasnewsKepala Badan perencanaan pembangunan Daerah (Bappeda) kabupaten Sumenep, Dr.Ir.Arif Firmanto,S.Tp.,M.Si ,akhirnya resmi menyandang gelar Doktor ilmu sosial.

Gelar Doktor tersebut didapatkan setelah dirinya menjalani Sidang Terbuka Promosi Doktor pada Program Pasca Sarjana Universitas Merdeka (Unmer) Malang,pada Kamis (11/07/2024).

Di sela-sela sidang terbuka promosi Doktor, Arif Firmanto mengatakan, bahwa dirinya menempuh pendidikan bukan sekedar mengejar gelar saja, tetapi juga untuk sarana transfer ilmu pengetahuan sebagai bekal untuk mendorong pembangunan Kabupaten Sumenep kedepan.

“Ini bukan hanya tentang memperoleh gelar semata, saya menuntut ilmu tidak lain untuk memperoleh pengetahuan yang bisa membantu pembangunan di daerah, demi kemaslahatan bersama” kata Arif, Sabtu,(13/07/ 2024).

Menurut Arif, penghargaan ini tidak terlepas dari peran dan dukungan dari berbagai pihak,layaknya kata pepatah untuk tidak lelah menuntut ilmu, Dirinya akan terus menggali potensi dalam diri, dengan tidak pernah berhenti untuk belajar, dan tak berhenti pada satu pencapaian.

“Gelar yang didapatkan ini merupakan salah satu bentuk spirit bahwa kita jangan pernah lelah untuk terus belajar dan tidak pernah berhenti untuk mengembangkan potensi diri, karena belajar adalah kunci keberhasilan dalam hidup,” Ungkapnya.

Mantan Kadis DKPP ini mengaku telah selesai mempresentasikan disertasinya di hadapan para penguji,dengan mengangkat tema “Model Relasi Aktor dalam Pemberdayaan Petani Lokal Community Base Sustainable dalam Rangka Peningkatan Produktivitas”.

Atas keberhasilannya ini, Dr. Ir. Arif Firmanto, S. TP, M. Si mendapatkan predikat cumlaude di Universitas Merdeka Malang pada Jumat (12/07/2024).

Dengan raihan tersebut, dirinya berkomitmen untuk mengaplikasikan seluruh ilmunya dalam bentuk gagasan-gagasan visioner dan kerja-kerja untuk memberikan kontribusi positif terhadap kemajuan daerah di ujung timur Pulau Garam Madura.

“Bukan karena gelar semata. Belajar dan memperoleh pengetahuan ini saya lakukan untuk membangun daerah serta memberikan kontribusi positif,” tuturnya.

Arif berharap Ilmu yang diperolehnya dapat bermanfaat untuk kemajuan dan meningkatkan kualitas Pembangunan bagi masyarakat Sumenep nantinya.

“Saya akan persembahkan gelar Doktor ini bagi warga Kabupaten Sumenep, semoga ilmu saya ini dapat bermanfaat untuk kebaikan dan kemaslahatan masyarakat, dan saya juga berpesan kepada generasi muda, jangan pernah berhenti menimba Ilmu, karena hal itu yang akan mengantarkan kita pada kesuksesan” Pungkasnya.(Red/Hum)

(HR/Zham)

Leave A Reply

Your email address will not be published.