Sehatkan Wanita Madura , RSUDMA Hadirkan Dua Dokter Spesialis Kulit Kelamin

SUMENEP,Harnasnews – Rumah Sakit Umum Daerah dr. H. Moh. Anwar ( RSUDMA) Sumenep, Madura, Jawa Timur, menyiapkan dua dokter spesialis kulit kelamin.

Mereka adalah dr. Susanti Rusmala Dewi, Sp.DV dan dr. Novia Indriyani Adisty, Sp.KK.

Pelayanan ini tentu demi memberikan pelayanan prima kepada masyarakat terutama terkait masalah penyakit kewanitaan.

Kedua dokter ini sedikit megurai soal keputihan yang sering dialami wanita pasca datang bulan.

Sebagai dokter yang membidangi kulit dan kelamin, dr. Susanti Rusmala menjelaskan, jika keputihan merupakan istilah keluarnya cairan dari vagina selain darah haid.

“Keputihan disebabkan oleh cairan atau lendir yang diproduksi dalam vagina dan leher rahim ini akan membawa sel-sel mati serta bakteri keluar dari vagina,” kata dia dalam keterangannya, Sabtu (03/05/24).

Pihaknya juga menerangkan, bahwa keputihan ada dua macam yaitu, keputihan fisiologis dan abnormal (patologis).

dr. Susanti mengatakan,perempuan pada umumnya punya risiko gangguan organ kelamin yang lebih tinggi.
Salah satu dari gangguan tersebut adalah anatomi Miss V yang terekspos dan kondisinya relatif lembab memudahkan sehingga bakteri berkembang.

“Keputihan fisiologis dapat disebabkan oleh, stress, kehamilan, pemakaian alat kontrasepsi, dan haid,” katanya.

Sedangkan keputihan abnormal (patologis) disebabkan oleh kondisi medis yang dialami wanita, seperti infeksi bakteri, infeksi jamur, atau parasit.

“Organ kelamin wanita, dari struktur anatomi berdekatan letaknya dengan uretra sama anus, jadi berpotensi adanya bakteri,” katanya menjelaskan.

Apabila keputihan tersebut berbau anyir atau warnanya kuning putih keabuan, kata dr. Susanti Rusmala, bisa dikatagorikan penyebabnya karena bakteri.

Di sisi lain, terciptanya keputihan juga dikarenakan kurang menjaga kebersihan vagina.

“Memakai pakaian dalam yang ketat dari bahan sintetis (bukan katun, red), se hingga berkeringat dan memudahkan timbulnya jamur,” tuturnya.

“Apabila terjadi keputihan bisa langsung memeriksakan ke Poli Kulit dan Kelamin di RSUDMA Sumenep,”Pungkasnya. (HR/Zham)

Leave A Reply

Your email address will not be published.