Sepak Bola Pakai Kain Sarung, Warnai Pesta Rakyat Peringati Hari Kemerdekaan di Lhoksukon

 

ACEH UTARA, Harnasnews – Perlombaan menyambut hari kemerdekaan HUT RI ke-79, Badan kerja sama antar desa (BKAD), di Kecamatan Lhoksukon, Kabupaten Aceh Utara, adakan pertandingan bola Kain sarung, dan tarik tambang.

Perlombaan tersebut dilaksanakan di lapangan bola kaki di desa grong-grong, kecamatan setempat, yang berlangsung pada hari minggu 18 Agustus sampai dengan Senin, 19 Agustus 2024. Dengan menggunakan dana APBG, yang dianggarkan di desa sebesar Rp. 1000.000 perdesa, dan terkumpul sebesar Rp. 16 juta, dari desa – desa yang dipimpin oleh BKAD Lhoksukon itu.

“Untuk kita buat dua acara perlombaan ini, kita menghabiskan biaya sebesar Rp. 16, juta. Dana ini kita kumpulkan dari desa – desa yang bekerjasama dengan BKAD. Semuanya ada 16 desa yg ikut menyumbang dana. “Kata Muhamad S.H.i. Selaku Ketua BKAD.

Permainan bola kaki menggunakan kain sarung ini memang unik. Pemain nya selain menggunakan seragam bola mereka juga menggunakan pinggangan kain sarung. Hal ini tampak lebih menghibur penonton, dikarenakan agak aneh dan terlihat lucu saat pemain mengejar bola dari lawan.

Dalam pertandingan itu, di ujung final pertandingan, juara satu berhasil direbut oleh tim Desa Trieng Pantang, setelah berlaga dengan Arongan Ab, dan desa Arongan AB mendapatkan juara dua. Kejuaran tersebut di perebutkan dari 16 tim pemain antara desa.

Klub asal desa trieng pantang memperoleh kemenangan lewat adu pinalti dengan skor akhir 3 – 2 setelah sebelumnya bermain imbang tanpa gol.

Pada acara terakhir di babak Final dihadiri oleh ketua (BKAD) Muhammad, dan seluruh Geuchik yang tergabung di dalamnya serta ribuan penonton, disaat penyerahan hadiah.

“Alhamdulillah turnamen sepak bola tahun ini sukses dan kondusif, kami berharap melalui adanya acara perlombaan pesta rakyat yang kami buat, dapat meningkatkan jalinan silaturahmi ke arah yang lebih baik,” tuturnya Muhamad.

Ada dua kegiatan olah raga yang dilakukan sepak bola kaki pakai sarung dan tarik tambang. Sedangkan juara 1 tarik tambang dimenangkan oleh desa Buket Mee melawan desa Babah Geudubang.

Harapan Muhammad, dengan melakukan kegiatan sepak bola pakai sarung ini bisa memilih bibit pemain bola dari anak-anak yang berbakat dalam bermain bola untuk bertanding antar kecamatan kedepannya.

“Kepada seluruh panitia, pihak keamanan yang hadir, dan masyarakat yg telah mendukung acara ini, kami atas nama Pengurus BKAD mengucapkan ribuan terimakasih, atas kerjasama yang baik dan telah menyukseskan acara perlombaan ini sampai dengan selesai,_ ujarnya. (Zulmalik)

Leave A Reply

Your email address will not be published.