Tekan Angka Stunting, Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi Gelar Gemarikan

BEKASI, Harnasnews – Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi menggelar kegiatan Gerakan Memasyarakatkan Makan Ikan (Gemarikan) di halaman Kantor Desa Taman Rahayu, Kecamatan Setu, Kabupaten Bekasi, pada Kamis (11/7/2024).

Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Iman Santoso, mengatakan bahwa Gemarikan merupakan gerakan nasional untuk mengampanyekan pentingnya manfaat makan ikan sejak dini. Selain itu, gerakan ini juga berperan penting dalam menekan angka stunting di Kabupaten Bekasi.

“Kegiatan ini menjadi bagian dari LO (Liaison Officer) stunting masing-masing dinas untuk meminimalisir angka stunting di wilayah Kabupaten Bekasi. Kebetulan, kami mendapatkan tugas untuk wilayah Kecamatan Cibarusah dan Setu,” ujar Iman.

Lebih lanjut, Iman menyampaikan bahwa angka konsumsi ikan di Kabupaten Bekasi menunjukkan pertumbuhan positif. Saat ini, angka konsumsi ikan sudah mencapai 47 persen, berada di atas angka Provinsi Jawa Barat.

“Untuk konsumsi ikan, kita malah di atas rata-rata Jawa Barat. Jabar itu 41 persen, walaupun tingkat nasional kita masih di bawah. Nasional itu 56 persen,” jelasnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Penguatan Daya Saing (PDS) Dinas Perikanan Kabupaten Bekasi, Wahyudin, mengatakan bahwa dalam kegiatan tersebut, Dinas Perikanan membagikan olahan ikan bandeng presto kepada ratusan masyarakat yang hadir. “Sasarannya khususnya kepada ibu hamil, ibu menyusui, remaja putri, dan calon pengantin,” tuturnya.

Selain itu, dalam kegiatan ini juga diadakan lomba masak ikan. “Harapannya dengan adanya lomba masak ini, minat makan ikan masyarakat, khususnya Kecamatan Setu, meningkat. Karena dengan olahan diversifikasi ikan, yang tadinya tidak senang menjadi suka makan ikan,” tambah Wahyudin.

Dia menjelaskan bahwa diversifikasi olahan ikan bisa bermacam-macam, seperti digoreng, dibakar, dibuat otak-otak, dipresto, dan sebagainya.

Kegiatan ini turut dihadiri oleh Plh Sekda Iyan Priyatna, Camat Setu Joko Dwijatmoko, dan Kepala Desa Tamanrahayu, Abdul Wahid. Di samping itu, Dinas Perikanan juga menghadirkan narasumber yang kompeten untuk memberikan edukasi tentang manfaat ikan kepada masyarakat. (Supri)

Leave A Reply

Your email address will not be published.