Terima Kunjungan Hong Kong Police Force, Polres Metro Bekasi Kota Pertegas Kerjasama Kepolisian Dua Negara

KOTA BEKASI, Harnasnews.com – Wakasat Binmas AKP Puji Astuti didampingi, Kapolsubsektor Aipda Jubaedah Bhabinkamtibmas Pekayon Jaya Aiptu Muhtar Yahya menerima kunjungan Hong Kong Police Force (HKPF) di Polsubsektor Pekayon Jaya, kecamatan Bekasi Selatan pada Kamis (26/09/24).

Wakasat Binmas Polres Metro Bekasi Kota AKBP Puji Astuti menjelaskan bahwa kunjungan kepolisian Hong Kong tersebut merupakan undangan dari Divisi Hubungan Internasional Mabes Polri.

“Kunjungan mereka ke wilayah Bekasi Selatan ini dalam rangka bertukar infomasi dan intelejen, koordinasi operasi kepolisian antar dua negara termasuk sharing best practice,” kata AKP Puji Astuti kepada media.

Lebih lanjut, AKP Puji Astuti menjelaskan bahwa Polres Metro Bekasi Kota sebagai tuan rumah juga memaparkan tata cara kepolisian Indonesia khususnya wilayah hukum Polres Metro Bekasi Kota dalam menyelesaikan permasalahan di tengah masyarakat, khususnya Bhabinkamtibmas.

Bhabinkamtibmas secara rutin melakukan kunjungan kepada warganya di wilayah kelurahan yang merupakan lingkup kerja personil Bhabinkamtibmas.

“Pada saat kunjungan kami mendapatkan informasi dari masyarakat informasi itu harus kami catat dan harus kami bukukan. Ketika laporan sudah masuk ke pimpinan maka akan menjadikan bahan pertimbangan pimpinan untuk mengambil kebijakan,” kata Puji menambahkan.

Selian itu, dilakukan dialog antara para personil Kong Kong Police Force dengan Wakasat Binmas AKP Puji Astuti serta jajaran. Dialog meliputi perbandingan kultur masyarakat Indonesia dengan Hongkong yang jauh berbeda. Sehingga, pola penerapan yang dilakukan kepolisian dua negara ini berbeda.

Namun, kata Puji, pola kerja dari Bhabinkamtibmas, Polsubsektor khusunya di wilayah Bekasi Selatan ini patut dicontoh dan diterapkan di negara lain terkait dengan pola pendekatan terhadap masyarakat secara humanis.

Ada 3 tugas pokok yang dijalankan Bhabinkamtibmas yaitu melakukan kunjungan ke masyarakat, kemudian laporan polisi serta menyelesaikan Problem Solving. Sementara, untuk Polsubsektor bertugas secara stasioner dikantor yang telah disediakan Sat Binmas.

Selanjutnya, para personil Hong Kong Police Force ini kemudian diajak untuk melakukan kunjungan ke masyarakat dan melihat secara langsung, personil Bhabinkamtibmas Pekayon Jaya bersama dengan Polsubsektor Pekayon Jaya saat melakukan komunikasi dengan warga, terkait dengan kondisi Kamtibmas di wilayahnya. (Mam)

Leave A Reply

Your email address will not be published.