TNI AL dan Marinir AS Tuntaskan Latihan Intai Latma Reconex 2024

“Dengan mempelajari semua hal tersebut, diharapkan dapat mendukung ketepatan waktu saat infiltrasi lintas permukaan sehingga sasaran dapat diselesaikan tepat waktu. Dengan demikian, tugas pokok dapat terlaksana dengan baik,” kata Danyontaifib 1 Korps Marinir TNI AL menjelaskan tujuan latihan navigasi jarak jauh, dilansir dari antara.

Dalam siaran resmi terpisah, Komandan Kompi Alfa, Batalyon Intai 1 Divisi Marinir 1 Korps Marinir AS Kapten Ethan Hamilton menilai Latma Reconex 2024 merupakan kesempatan yang unik bagi prajurit dua negara untuk membina rasa saling percaya.

“Selama Reconex inilah keunggulan bersama diwujudkan,” kata Ethan sebagaimana dikutip dari siaran resmi Kedutaan Besar Amerika Serikat untuk Indonesia di Jakarta, Jumat.

Dia menjelaskan Latma Reconex 2024 bertujuan meningkatkan kemampuan pasukan intai dua negara dengan taktik, teknik, dan prosedur di lingkungan yang tidak bersahabat. Dia menilai rangkaian Latma Reconex 2024 dapat meningkatkan kemampuan tempur Korps Marinir TNI AL dan USMC.

 Latma Reconex merupakan latihan bersama yang rutin digelar oleh Korps Marinir TNI AL dan Korps Marinir Amerika Serikat tiap 1–2 tahun sekali.

Dalam Latma Reconex 2024, yang berlangsung sejak 25 April 2024 sampai dengan 10 Mei 2024, materi latihan yang diikuti 120 prajurit Yontaifib 1 Korps Marinir TNI AL dan 20 prajurit Batalyon Intai 1 Divisi Marinir 1 Korps Marinir AS, mencakup combat marksmanship, latihan menembak sniper range, joint-combined exchange training (JCET), close quarter battle (CQB) sUAS, tactical combat casualty care (TCCC), ground recon patrol supported, mission planning and brief procedure, military freefall jump, long range navigation, dan full mission profile.

Latma Reconex 2024 digelar di beberapa lokasi lokasi, selain di Pulau Damar, juga di Pusat Latihan Tempur (Puslatpur) Marinir 6 Antralina, Sukabumi, Jawa Barat, kemudian di Pangkalan Udara TNI AL Pondok Cabe, Tangerang, Banten, dan di Komando Latihan Koarmada RI, Jakarta. (sls)

Leave A Reply

Your email address will not be published.