Usung Tema Budaya Lokal ,Bappeda Sumenep Raih Best Booth di Madura Night Vaganza 2024

SUMENEP,Harnasnews – Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kabupaten Sumenep, Madura, Jawa Timur, berhasil meraih penghargaan Best Booth pada acara penutupan Madura Night Vaganza 2024.

Kepala Bappeda Sumenep, Arif Firmanto, menyatakan bahwa booth yang mereka tampilkan bertema “Loteng Masa Kejayaan”, yakni ornamen bergaya modern klasik yang menggambarkan ciri khas arsitektur bangunan di Kabupaten Sumenep,

“Tema ini sengaja kami angkat sebagai bentuk penghormatan dan pengenangan terhadap bangunan-bangunan kontemporer yang menjadi identitas budaya di Sumenep, yang keberadaannya harus terus dijaga,” Ujar Arif,Kamis (12/09/24).

“Miniatur yang kami tampilkan adalah representasi dari bangunan Loteng, yang umumnya merujuk pada rumah berlantai dua peninggalan masa lalu,”Imbuhnya.

Desain stand Bappeda diambil dari konsep bangunan lantai dua, yang di masa lampau melambangkan status bangsawan atau kalangan terpandang di abad ke-19.

Arif juga menjelaskan, bahwa Loteng biasanya dimiliki oleh putra-putra raja, termasuk beberapa pangeran Sumenep.

“Di Sumenep sendiri, hanya segelintir pangeran yang dikenal memiliki bangunan Loteng sebagai tempat tinggal, di antaranya adalah Pangeran Kolonel Kusumo Sena, yang lebih dikenal sebagai Pangeran Kolonel Karang Duak, serta Pangeran Letnal Kolonel Kusumo, yang dikenal sebagai Pangeran Letnal Loteng Kepanjin,” Paparnya.

Lebih lanjut, Arif mengungkapkan, bahwa keikutsertaan Bappeda Sumenep dalam Madura Night Vaganza 2024 bertujuan untuk memperkenalkan potensi dan kekayaan Kabupaten Sumenep kepada masyarakat luas.

“Ini adalah upaya kami dalam mendukung pengembangan sektor kreatif dan ekonomi kreatif, yang merupakan elemen penting dalam memajukan pembangunan di Kabupaten Sumenep,” jelasnya.

“Partisipasi Bappeda dalam acara tersebut bukan hanya soal estetika, tetapi juga sebagai sarana promosi potensi besar yang dimiliki Kabupaten Sumenep,kami ingin mempromosikan segala kekayaan dan keunikan yang dimiliki oleh daerah kami,” Pungkasnya. (HR/Zham)

Leave A Reply

Your email address will not be published.