Wamendag Jelaskan Pentingnya Menanamkan Jiwa Kompetitif Ke Generasi Muda

BERITA

PASURUAN, Harnasnews – Dalam tercapainya Indonesia Emas 2045, Wakil Menteri Perdagangan (Wamendag) Jerry Sambuaga mengajak seluruh pelajar memiliki jiwa kompetitif dalam semua bidang untuk menggapai kesuksesan di masa yang akan datang.

Bagi Wamendag Jerry, pelajar yang memiliki jiwa kompetitif dapat memberikan kontribusi besar menuju Indonesia Emas 2045. Hal ini disampaikan Wamendag Jerry saat menghadiri seminar nasional bertajuk ‘Sosialisasi Kementerian Perdagangan RI Menuju Indonesia Emas 2045’ di Sekolah Lanjutan Advent Purwodadi (SLAPUR) di Pasuruan, Jawa Timur, pada hari Rabu (16/10/2024).

Turut hadir Staf Khusus Ketua Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) RI yang juga merupakan alumnus SLAPUR, Haryara Tambunan dan Direktur SLAPUR, Kristiadi Sukartono.

“Sebagai bangsa yang besar, seluruh pelajar dapat bahu-membahu mendukung tercapainya Indonesia Emas 2045. Saat ini, persaingan menuju kesuksesan bukan lagi antarnegara melainkan antarkota dan semakin spesifik. Untuk itu, kita harus memiliki jiwa kompetitif dalam semua bidang. Tapi jangan lupa kita juga harus tetap bersyukur. Minimal dengan dua hal itu, kita dapat menjadi lebih baik menuju Indonesia Emas 2045,” ujar Wamendag Jerry.

Wamendag Jerry mengungkapkan, jiwa kompetitif yang dimiliki pelajar akan membentuk generasi muda yang lebih inovatif dan kreatif. Hal ini penting untuk menghadapi tantangan global dan memanfaatkan peluang yang ada, dengan berkembangnya teknologi dan globalisasi, Indonesia membutuhkan sumber daya manusia (SDM) yang tidak hanya cerdas, tetapi juga mampu beradaptasi dan bersaing di tingkat dunia.

“Selain mengejar prestasi, pelajar juga harus menjaga integritas, kejujuran, dan sikap saling menghargai dalam persaingan. Untuk itu, etika, kerja keras, dan ketulusan adalah kiat yang harus selalu dijaga,” papar Wamendag Jerry.

Pada kesempatan ini, Wamendag Jerry juga mengajak para pelajar untuk berkontribusi kepada masyarakat dan negara, dengan para pelajar harus memiliki semangat kompetitif dan rasa tanggung jawab sosial yang tinggi sebagai calon pemimpin masa depan.

“Salah satu pilar penting menuju Indonesia Emas 2045 adalah memperkuat sektor perdagangan. Dengan memperkuat perdagangan, kita dapat meningkatkan daya saing di pasar internasional dan mendorong pertumbuhan berkelanjutan,” terang Jerry.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS), pertumbuhan ekonomi Indonesia pada triwulan II-2024 tercatat sebesar 5,05 persen (YoY). Angka ini lebih tinggi dibandingkan beberapa negara maju, seperti Korea Selatan (3,3 persen), Amerika Serikat (2,9 persen), Jepang (2,7 persen), dan Uni Eropa (0,4 persen).

Selain itu, inflasi tahunan Indonesia pada Agustus 2024 relatif terkendali di angka 3,21 persen, hal tersebut menunjukkan kondisi ekonomi Indonesia stabil. Di sisi lain, Indonesia berhasil mencatatkan surplus neraca perdagangan selama 52 bulan berturut-turut sejak Mei 2020–Agustus 2024 yang merupakan bukti kuatnya kinerja ekspor Indonesia.

Sementara itu, Direktur SLAPUR Kristiadi Sukartono mengatakan, kegiatan seminar ini merupakan kesempatan yang berharga bagi para pelajar dan guru di SLAPUR.

“Semoga para murid beserta guru di SLAPUR bisa terinspirasi dan menjadi tauladan yang berperan aktif dalam mewujudkan Indonesia Emas 2045,” singkat Kristiadi.(Hid)

Leave A Reply

Your email address will not be published.